Berita Terbaru Bolaang Mongondow Utara

Musrenbangcam Pinogaluman, Format Penyusunan RKPD menjadi RPD 2024-2025

Dibaca : 51

Selasa, 28 Februari 2023 | Editor : Rudi Datunsolang | Publisher : Fauziah Suratinoyo | Author : Rusdianto Djukiro

...

Penandatanganan Berita Acara Musrenbang Kecamatan Pinogaluman disaksikan oleh Assisten Adimistrasi Umum Uten Datunsolang, berlangsung di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Pinogaluman. Selasa, 28/2/2023. (Photograper Rusdianto Jukiro / Redaksi Photo Kominfo Bolmut)

Bagikan :

ppid.bolmutkab.go.id —–» Pemerintah Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024 Tingkat Kecamatan Pinogaluman.

 

Kegiatan Musrenbang ini dibuka dengan resmi oleh Assisten Adiminstrasi Umum Uten Datunsolang, S.Pd.,M.Si, berlangsung di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Pinogaluman, Selasa (28/2/2023).

Assisten Adimistrasi Umum Uten Datunsolang membacakan sambutan Bupati Bolmut, yang menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat Pinogaluman yang terus memberi dukungan serta sumbangsih pemikiran positif dan konstruktif dalam melanjutkan agenda-agenda pembangunan yang telah diamanatkan dalam dukumen perencanaan.

“Kegiatan ini diharapkan agar bersama-sama merumuskan rencana pembangunan, saling berinteraksi, saling menyampaikan pandangannya agar keputusan yang diambil dan kebijakan pembangunan adalah tepat untuk mengatasi keadaan, utamanya kepentingan bersama di tahun-tahun yang akan datang,” tuturnya.

Musrenbang Kecamatan ini pada intinya adalah menghimpun aspirasi masyarakat sebagai bahan penyusun rencana kerja Pemerintah Daerah Tahun 2024, yang sebelumnya menyusun program kegiatan prioritas Kecamatan melalui musrenbang Desa dan pra musrenbang Kecamatan.

“Rumusan ini sangat penting karena akan memberikan kepastian pembangunan tahun 2024 yang betul-betul dibutuhkan masyarakat berdasarkan hasil kesepakatan bersama dan bukan berdasarkan keinginan segelintir masyarakat atau oknum tertentu,” jelasnya.

Dikatakan, paradigma sistem perencanaan telah berubah dari yang semula bersifat konvensional, kini menjadi partisipatif yang sudah tentu peka terhadap dinamika perubahan.

Untuk itu, perencanaan pembangunan harus transparansi dan akuntabel, sehingga menjadi tolak ukur profesionalisme, dan tidak menimbulkan pencitraan-pencitraan negatif terhadap kualitas pelayanan aparatur pemerintah.

“Marilah kita laksanakan tanggungjawab ini dengan sepenuh hati dan kita sukseskan pembangunan di daerah yang kita cintai ini,” ajaknya.

Disamping itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan  (Bapelitbang) Bolmut melalui Sekretaris Bapelitbang Dheny Rianto, S.Kom menyampaikan terkait substansi pelaksanaan musrenbang kecamatan.

“Yaitu tentang perubahan format penyusunan RKPD Bolmut 2024 yaitu menjadi Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2024-2025 oleh karena masa transisi maka bertransformasi menjadi RPD,” ungkapnya.

Disamping itu, dikatakan bahwa secara umum RPJMD Bolmut 2018-2023 yaitu capaian RPJMD hingga tahun 2022 pada angka 86,45%.

Musrenbang ini turut dihadiri para Pimpinan OPD Terkait, Staf Khusus Bupati, Kapolsek Pinogaluman, Danramil Kaidipang, Camat Pinogaluman, Sangadi, Perangkat/Aparat Desa se-Kecamatan Pinogaluman dan BPD. (Kominfosandi-Bolmut)

Jurnalis : Rusdianto Jukiro

Editor : Rudi Datunsolang / Fauziah Suratinoyo

Analis Konten : Imam Wahyudi

Redaktur : Saiful Djenaan

Redaktur Pelaksana : Usman Djarumia

hari ini : 115

minggu ini: 788

Total Pengunjung : 7305

Hit hari ini : 133

Hit minggu ini : 967

Semua hit : 14585

  • Jalan Imam Bonjol, Boroko, Kaidipang, North Bolaang Mongondow Regency, North Sulawesi
  • 0821-9578-8896
  • ppid@bolmut.go.id