Berita Terbaru Bolaang Mongondow Utara

Dekatkan pelayanan, sentuh langsung miskin ekstrim dan stunting, GCM di Kecamatan Pinogaluman

Dibaca : 54

Rabu, 11 Oktober 2023 | Editor : Rudi Datunsolang | Publisher : Fauziah Suratinoyo | Author : Rusdianto Djukiro

...

Bupati Sirajudin Lasena saat turun menyaksikan penanganan stunting sembari menyentuh dan menghibur bayi stunting yang sedang ditangani dalam Kegiatan GCM, di Pinogaluman. Rabu, 11/10/2023. (Foto Jurnalis Tim Kominfo Rusdianto Jukiro / Redaksi Foto Kominfo Bolmong Utara)

Bagikan :

ppid.bolmutkab.go.id —–» Dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara menyelenggarakan kegiatan Government Care Mobile (GCM) di Kecamatan Pinogaluman.

Government Care Mobile ini bergerak langsung menyentuh masyarakat dalam hal pelayanan yang diberikan oleh 12 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Dinas Kesehatan melaksanakan pelayanan oleh Puskesmas Tuntung di dua titik, Puskesmas Buko empat titik, serta pelayanan BPJS untuk kepesertaan BPJS yang belum sempat masuk dalam kepesertaan.

Dinas Dukcapil melaksanakan enam jenis pelayanan yaitu pembuatan kartu keluaraga, akta lahir, pengaktifan kartu identitas kependudukan, penerbitan kartu identitas anak, cetak KTP Elektronik dan proses administrasi lainnya.

Dinas PUPR melakukan pembersihan ataupun pemantauan saluran irigasi yang tersendat di Desa Busato selanjutnya untuk Desa Tanjung Sidupa dilakukan pembersihan ruas jalan dan pelayanan distribusi air bersih di Desa Komus I.

Dinas Pendidikan pada pelayanan administrasi Guru, legalisir berkas, proses perizinan cuti hamil, dan surat permohonan lainnya. Dinas Ketahanan Pangan melakukan pemantauan bantuan yang telah diserahkan ke Tim Penggerak PKK.

Dinas Sosial melaksanakan kegiatan pemutakhiran data BTKS dan penyaluran air bersih d Desa Komus I, Dinas PMD melaksanakan rekonsiliasi pengelolaan Keuangan Desa, Dinas PPKBPPPA melakukan pelayanan KB serta pemeriksaan khusus Ibu-Ibu hamil dan pemberian makanan tambahan pada bayi Balita.

Dinas Perpustakaan melaksanakan pelayanan perpustakaan keliling dengan menggunakan mobil keliling, Dinas Perdagangan melaksanakan Fasilitasi pelayanan penerbitan NIB dan Registrasi SIINAS.

Serta Dinas Pertanian melakukan penyuluhan dan advokasi penyuluh pertanian serta penanganan kekeringan pada wilayah pertanian di Kecamatan Pinogaluman dan Inspektorat melakukan review dan pertanggungjawaban dan penguatan pengelolaan keuangan di Desa.

Sementara itu, Bupati Bolmong Utara Sirajudin Lasena, SE.,M.Ec.Dev secara resmi membuka dan meninjau pelayanan Government Care Mobile yang diberikan tersebut, berlangsung di Aula Kantor Camat Pinogaluman. Rabu (11/10/2023).

Dalam arahannya, Bupati menekankan sesuai pernyataan dalam laporan oleh Camat Pinogaluman Sarwan H. ABidin, SE.,M.Si bahwa terdapat lima bayi stunting dan saat ini juga Dinas terkait bersama PKK agar langsung turun ke rumah-rumah mereka dan melakukan langkah-langkah penanganan.

Dikesempatan ini pula Bupati Sirajudin Lasena di dampingi Sekda Jusnan C. Mokoginta, MARS turun menyaksikan penanganan stunting tersebut, sembari menyentuh dan menghibur bayi stunting yang sedang ditangani.

Dirinya mengatakan bahwa setiap saat di Pusat Kabupaten juga ada pelayanan ini, namun pentingnya esensi dari GCM ini, agar kita lebih fokus, mendekatkan pelayanan dan saat ini kita fokus dulu di Kecamatan Pinogaluman.

Bupati juga meninjau proses pelayanan yang dilakukan oleh Instansi terkait, sambil menyapa masyarakat dengan senyuman dan merangkul masyarakat yang bahagia atas kesempatan di dekatkannya pelayanan ini.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa ketika kita mencoba menginventarisasi apa permasalahan di Desa bahkan tentang kemiskinan ekstrim, hingga di data Kecamatan, maka satu gambaran penting diingatkan, dari Pemerintah Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga Pusat adalah satu kesatuan sistem yang tidak berdiri sendiri-sendiri.

“Bahkan ketika kita semangat berjuang dalam pemekaran Kabupaten ini yaitu untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, untuk meningkatkan kesejahteraan, keluar dari kemiskinan ekstrim serta untuk meminimalisir tingkat Gap perbedaan kesejahteraan,”ujarnya.

Bupati kemudian menegaskan di momentum ini kita satukan cara berpikir untuk mengatasi segala persoalan dari Dusun, Desa dan seterusnya dan bukan berpikir sendiri-sendiri.

“Pemerintah ini seperti aquarium yang setiap saat dilihat oleh masyarakat, dan dalam menjalankan keputusan pasti akan terdapat banyak persoalan, makanya setiap sub sistem ini harus berkolaborasi, dan saya yakin kita mampu,”Bupati sembari menyemangati.

Ditegaskan pula setiap Desa untuk selalu update data kemiskinan, jika ada sepuluh masyarakat miskin, maka ketika terdapat program di desa dalam mengatasinya dan yang bisa ditanggung hanya tiga masyarakat, maka sisanya bawah ke Kabupaten dan seterusnya.

Bupati pun mengunjungi rumah penduduk dengan kategori miskin ekstrim ini sambil menyemangati mereka. (Kominfosandi-Bolmong Utara)

Jurnalis : Rusdianto Jukiro

Editor : Rudi Datunsolang

Analis Konten : Imam Wahyudi

Redaktur : Fauziah Suratinoyo

Redaktur Pelaksana : Usman Djarumia

hari ini : 109

minggu ini: 930

Total Pengunjung : 9151

Hit hari ini : 58

Hit minggu ini : 916

Semua hit : 18374

  • Jalan Imam Bonjol, Boroko, Kaidipang, North Bolaang Mongondow Regency, North Sulawesi
  • 0821-9578-8896
  • ppid@bolmut.go.id