Berita Terbaru Bolaang Mongondow Utara

Rakornas E-Gov, Aang Wardiman : Percepatan Transformasi Digital menuju Smart Government

Dibaca : 39

Kamis, 19 Oktober 2023 | Editor : Rudi Datunsolang | Publisher : Fauziah Suratinoyo | Author : Rusdianto Djukiro

...

Kadis Kominfo Aang Wardiman (Kiri) saat mengikuti Rakornas E-Government, berlangsung di Hotel Mulia Jakarta Pusat. Kegiatan, 16-19/10/2023. (Foto Maniapost / Redaksi Foto Kominfo Bolmong Utara).

Bagikan :

ppid.bolmutkab.go.id —–» Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) urusan E-Government / Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) diikuti Bupati Bolaang Mongodow Utara (Bolmong Utara) Sirajudin Lasena, SE, M.Ec, Dev, yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Aang Wardiman, Ak.CA.,CertDA.CTT, berlangsung di Hotel Mulia Jakarta Pusat.

Agenda yang berlangsung sejak 16 sampai 19 Oktober 2023 itu merupakan upaya untuk melakukan harmonisasi penyelenggaraan domain Infrastruktur dan Aplikasi SPBE Nasional.

Kadis Kominfo Aang Wardiman mengatakan bahwa Rakornas Implementasi SPBE Nasional ini membahas tentang pemanfaatan dan penguasaan teknologi digital dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan baik oleh institusi pemerintah hingga aparatur pemerintah yang merupakan salah satu syarat tercapainya Indonesia Emas tahun 2045.

“Program ini sebagai bentuk peningkatan sinegritas dan kalaborasi progresif dalam implementasi SPBE Nasional pada percepatan transformasi digital menuju smart Government,”jelasnya.

Adapun, dalam rapat koordinasi ini, Kementrian Kominfo diberikan tangung jawab sebagai salah satu Kementrian yang melakukan pembinaan di bidang teknologi informasi.

Pembinaan dilakukan bagi instansi pemerintah yang merancang peta jalan strategi yang tidak hanya berfokus pada pembangunan infrastruktur informasi pemerintah di tingkat pusat dan daerah, namun juga memperhatikan perkembangan Teknologi Informasi secara global.

Hal ini sesuai amat peraturan Presiden Republik Indonesia No 95 tahun 2018 tentang Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional dan sebagai koordinasi keterpaduan pembangunan dan pengembangan Aplikasi SPBE.

Tak hanya itu, Presiden Juga menyampaikan arahan dalam melaksanakan langka-langkah percepatan transformasi digital khususnya pada perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dan penyediaan layanan internet.

Yaitu dengan menyusun roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis, baik di bidang pemerintahan, pelayanan publik, bantuan sosial pendidikan, kesehatan, perdagangan, perindustrian dan penyiaran.

Serta percepatan konsolidasi pusat data nasional dengan mendorong Kementrian Kominfo hingga pemerintah daerah turut serta berperan aktif dalam mewujudkan instruksi presiden tersebut. (Kominfosandi-Bolmong Utara)

Jurnalis : Rusdianto Jukiro

Editor : Rudi Datunsolang

Analis Konten : Imam Wahyudi

Redaktur : Fauziah Suratinoyo

Redaktur Pelaksana : Usman Djarumia

hari ini : 134

minggu ini: 954

Total Pengunjung : 9172

Hit hari ini : 72

Hit minggu ini : 929

Semua hit : 18388

  • Jalan Imam Bonjol, Boroko, Kaidipang, North Bolaang Mongondow Regency, North Sulawesi
  • 0821-9578-8896
  • ppid@bolmut.go.id