X
*

Berita Terbaru Bolaang Mongondow Utara

Bupati Sirajudin Lasena saksikan Pentas Seni Budaya GSMS di Pinogaluman

Dibaca : 55

Sabtu, 11 November 2023 | Editor : Administrator | Publisher : Fauziah Suratinoyo | Author : Rusdianto Djukiro

...

Bupati Sirajudin Lasena saat menyerahkan penghargaan dari Kemedikbudristek kepada Kadis DIkbud Bolmong Utara pada kegiatan GSMS, di Kecamatan Pinogaluman. Sabtu, 11/11/2023. (Foto Jurnalis Tim Kominfo Rusdianto Jukiro / Redaksi Foto Kominfo Bolmong Utara)

Bagikan :

ppid.bolmutkab.go.id —–» Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmong Utara)  Sirajudin Lasena SE.,M.Ec.Dev menyaksikan langsung Pentas Seni Budaya Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) tahun 2023, di Lapangan Buko Kecamatan Pinogaluman, Sabtu (11/11/2023).

Kegiatan ini kerja sama Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan (Ditjen Kebudayaan) Kemendikbudristek RI dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bolmong Utara.

Mengawali rangkaian kegiatan ini, disuguhkan pertunjukan pentas seni berbagai tarian lokal, musikalisasi puisi dan lainnya.

Dalam laporan kegiatan oleh Kadis Pendidikan Fadly Tadjudin Usup menyampaikan pementasan seni budaya program GSMS ini, merupakan pementasan akhir hasil peserta didik atas nilai budaya dan objek kemajuan kebudayaan.

Peserta terdiri dari 20 Sekolah SD dan SMP, Seniman 20 orang, Asisten Seniman 20 orang, pembelajaran ekstra kurikuler selama empat bulan atau 19 kali pertemuan.

“Sejak tahun 2022 Dinas Pendidikan Bolmong Utara bekerjasama dengan Ditjen Kebudayaan dalam melaksanakan program GSMS ini,” ungkapnya.

Selanjutnya, oleh Kepala Pokja Diplomasi Budaya Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI Dra. Yusmawati diwakili Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah 17 Sulawesi Utara Sri Sugiharta, SS, M.PA.

Dikatakan, dibalik kesuksesan kegiatan ini, terdapat para seniman menjadi mentor dan aktor GSMS, serta seluruh masyarakat Kabupaten Bolmong Utara yang ikut meramaikan kegiatan ini.   

“GSMS ini untuk memfasilitasi para seniman dalam mentransfer pengetahuan kepada para anak didik di Sekolah,”terangnya.

Dirinya pun berharap melalui GSMS ini dapat meningkatkan kemampuan anak didik dalam melestarikan kebudayaan kita.

“Maka kedepannya melalui Bupati Bolmong Utara, tentang program ini dapat dilanjutkan secara mandiri,”pintanya.

Lebih lanjut, Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kita menyaksikan program pentas seni yang sangat spektakuler di Kabupaten Bolmong Utara tepatnya di Kecamatan Pinogaluman.

Ini sebuah kolaborasi yang sangat baik antara Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan dengan Kemendikbudristek RI.

Dirinya pun berimbuh, sesuai dengan penyampaian Kepala Balai Pelestarian Budaya bahwa kegiatan ini diharapkan dapat diteruskan secara mandiri.

Secara tegas Bupati menyatakan, kami siap melaksanakan secara mandiri khusus lokal di Bolmong Utara, tapi kami juga berharap Kemendikbudristek juga membuat iven yang skala regional ditahun-tahun kedepan.

Dikatakan, 20 Sekolah di Bolmong Utara mengikuti pentas seni budaya ini, maka tahun depan, kami berharap dapat menyaksikan pentas seni anak-anak dari Sulawesi Selatan, Sulteng, Sulbar, bahkan Gorontalo dan Sulut.

“Secara regional yang dimaksud, nantinya kami dapat merindukan pentas seni dan budaya dari rumpun se-Sulawesi.”tutupnya. (Kominfosandi-Bolmong Utara)

Jurnalis : Rusdianto Jukiro

Editor : Rudi Datunsolang

Analis Konten : Imam Wahyudi

Redaktur : Fauziah Suratinoyo

Redaktur Pelaksana : Usman Djarumia

hari ini : 42

minggu ini: 1171

Total Pengunjung : 7378

Hit hari ini : 10

Hit minggu ini : 410

Semua hit : 3158

  • Jalan Imam Bonjol, Boroko, Kaidipang, North Bolaang Mongondow Regency, North Sulawesi
  • 0821-9578-8896
  • ppid@bolmut.go.id