Berita Terbaru Bolaang Mongondow Utara

Juara Satu Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi, SDN 11 Pinogaluman jadi contoh

Dibaca : 55

Rabu, 29 November 2023 | Editor : Rudi Datunsolang | Publisher : Fauziah Suratinoyo | Author : Rusdianto Djukiro

...

Plh Kepala DLH Provinsi Sulut Arfan Basuki saat menyerahkan penghargaan prestasi juara satu Adiwiyata kepada Kepala Sekolah SDN 11 Pinogaluman Muhrin Neu, di halaman Kantor Bupati Bolmong Utara. Rabu, 29/11/2023. (Foto Prokopim Bolmong Utara Photographer Rahmat Tegila / Redaksi Foto Kominfo Bolmong Utara)

Bagikan :

ppid.bolmutkab.go.id —–» Meraih prestasi juara satu sekolah Adiwiyata tingkat provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2023, Sekolah Dasar Negeri (SDN) 11 Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmong Utara) diharapkan menjadi contoh untuk sekolah-sekolah lain.

Harapan ini diungkapkan oleh Sekda Bolmong Utara Jusnan Mokoginta saat membacakan sambutan Pj. Bupati Bolmong Utara pada upacara memperingati HUT Korpri ke-52, Rabu 29/11/2023, di halaman Kantor Bupati Bolmut.

Dikatakan, prestasi yang diraih oleh SDN 11 Pinogaluman sangat membanggakan, semoga ini menjadi contoh hingga kedepan sekolah lainnya semakin berbenah kearah yang lebih baik lagi.

“Kami ucapkan selamat kepada sekolah-sekolah penerima penghargaan,”ujar Sekda

Dikesempatan yang sama, Penghargaan prestasi ini diserahkan oleh Plh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Arfan Basuki Kepala Kepala Sekolah SDN 11 Pinogaluman Muhrin Neu.

Sementara itu, Plh kepala dinas lingkungan hidup Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Arfan Basuki menambahkan program Adiwiyata merupakan implementasi kebijakan pendidikan lingkungan yang strategis dalam mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran masyarakat melalui warga sekolah.

“Dimana setiap warga sekolah diharapkan ikut terlibat dalam kegiatan sekolah untuk menuju lingkungan yang sehat serta terhindar dari dampak lingkungan negatif,”ujarnya.

Dalam penilaian Adiwiyata terdapat empat indikator utama sebagai kriteria penilaian yang harus diterapkan dalam kebijakan pendidikan sekolah.

Pertama pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Kedua pengembangan kurikulum berbasis lingkungan. Ketiga pengembangan kegiatan berbasis partisipatif. Pengembangan dan atau pengelolaan sarana pendukung sekolah.

Menurut Basuki tahun ini ada 17 sekolah yang ikut penilaian sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sulut.  Dari tujuh Kabupaten dan Kota. Ada 17 sekolah yang mengikuti program ini dan delapan sekolah yang lolos dalam penilaian.

“Dan tiga sekolah dari Kabupaten Bolmong Utara, SDN 11 Pinogaluman, SMPN 3 Bolmong Utara dan SDN 9 Pinogaluman,”kata kadis.

Diketahui SDN 11 Pinogaluman dulunya merupakan SDN 1 Busato, Kecamatan Pinogaluman.

Sekolah yang meraih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi Sulut Tahun 2023 yakni SDN 11 Pinogaluman, MAN 1 Bolmong, SMP Lokon St. Nikolaus Tomohon, SMPN 3 Bolmong Utara, SDN 9 Pinogaluman, MAKN Bolmong, SD Katolik Santa Clara Tomohon dan SD Kristen 2 Kotamobagu.

Serta Sekolah yang meraih Penghargaan Adiwiyata tingkat Kabupaten Bolmong Utara tahun 2023 adalah SDN 5 Pinogaluman, SDN 6 Bolangitang Barat, SDN 8 Pinogaluman, SDN 2 Bolangitang Timur, SDN 12 Bintauna dan MI Alkhairat Padang. (Kominfosandi-Bolmong Utara)

Jurnalis : Rusdianto Jukiro

Editor : Rudi Datunsolang

Analis Konten : Imam Wahyudi

Redaktur : Fauziah Suratinoyo

Redaktur Pelaksana : Usman Djarumia

hari ini : 220

minggu ini: 1002

Total Pengunjung : 9205

Hit hari ini : 118

Hit minggu ini : 975

Semua hit : 18434

  • Jalan Imam Bonjol, Boroko, Kaidipang, North Bolaang Mongondow Regency, North Sulawesi
  • 0821-9578-8896
  • ppid@bolmut.go.id