Berita Terbaru Bolaang Mongondow Utara

Safari jum’at di Desa Kayuogu hangat, menyentuh, bungkam otodidak beragama dengan tematik

Dibaca : 43

Jumat, 19 Januari 2024 | Editor : Rudi Datunsolang | Publisher : Fauziah Suratinoyo | Author : Rusdianto Djukiro

...

Pj. Bupati Bolmong Utara Sirajudin Lasena saat menyampaikan sambutan safari jum’at di Desa Kayuogu, jum’at 19/1/2024. (Foto Jurnalis Tim Kominfo Rusdianto Jukiro / Redaksi Foto Kominfo Bolmong Utara)

Bagikan :

ppid.bolmutkab.go.id —–» Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dalam gelar safari jum’at dilaksanakan di Masjid Al-Mujahidin Desa Kayuogu, Kecamatan Pinogaluman, Jum’at, (19/1/2024).

Pj. Bupati Bolmong Utara Sirajudin Lasena dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas izin Allah SWT safari jum’at terlaksana dengan baik hingga ke Desa Kayuogu di Kecamatan Pinogaluman.

Dikesempatan tersebut, dijelaskan bahwa sejak dilantik menjadi penjabat Bupati maka ada tiga program keagamaan yang telah dicanangkan yang salah satunya hari ini terlaksana di Desa Kayuogu.

Tiga program tersebut yakni kegiatan yang membimbing mental spiritual ASN dan masyarakat yakni kajian tematik keagamaan yang dijadwalkan pagi hari disetiap hari kamis.

Mengapa ini dilaksanakan? Oleh karena rata-rata ASN yang bekerja di lingkungan Pemda Bolmong Utara ini hanya lulusan sekolah umum, jadi pengetahuan agama pas-pasan.

Dan bahkan sudah sampai punya anak hingga cucu, sementara menjadi teladan, pemimpin dalam rumah tangga dalam membina ahlak generasi muda dengan modal pas-pasan dalam beragama, maka kajian tematik ini diisi dengan pengetahuan fikih.

“Bisa diperkirakan 60% hingga 80% atau bahkan lebih para ASN di lingkup Pemda Bolmong Utara hanya belajar otodidak terhadap agama bahkan hanya dari youtube dan tidak melalui Guru, akan tetapi ketika membahas tentang hukum,islam itu luar biasa ‘ini haram, ini salah’ seakan-akan lulusan pesantren, sehingganya kajian tematik keagamaan ini sangat penting,”Imbuh Bupati membungkam otodidak.

Program dan kegiatan kedua adalah subuh berjamaah dan yang ketiga yaitu safari jum’at yang telah terlaksana dengan baik dimulai dari ujung Sangkub hingga Pinogaluman.

“Ini semata-mata kami lakukan untuk mempererat silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat,”terangnya.

Pj. Bupati Sirajudin Lasena menyatakan kesediaannya membantu terhadap kebutuhan Masjid Al-Mujahidin Desa Kayuogu bahkan kebutuhan Desa yang bila perlu segera ajukan proposal, nanti akan dikawal untuk mendapatkan pada anggaran Pemerintah Daerah bahkan hingga Provinsi.

Kemudian diakhir kegiatan dilaksanakan simbolis penyerahan mushaf Alqur’an dari BWA oleh Pj. Bupati Sirajudin Lasena kepada bapak Hasan Iyabu dan Sangadi Desa Kayuogu Parman Bahoa.

Sebelum meninggalkan lokasi safari, Pj. Bupati Sirajudin Lasena dengan kedermawanannya mengulurkan bantuan tambahan modal kepada salah seorang penyandang cacat (Harun) yang giatnya membuat parang atau pisau dapur.

"Sentuh hangat kepada anak dari penyandang cacat tersebut yang masih bocah sekolah dasar, 'nanti akan ada baju sekolah untukmu nak',"tutur Pj. Bupati.

Turut hadir para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan OPD, ASN, Sangadi Desa Kayuogu dan Sangadi Desa Padango serta masyarakat Desa Kayuogu. (Kominfosandi-Bolmong Utara)

Jurnalis : Rusdianto Jukiro

Editor : Rudi Datunsolang

Analis Konten : Imam Wahyudi

Redaktur : Fauziah Suratinoyo

Redaktur Pelaksana : Usman Djarumia

hari ini : 94

minggu ini: 918

Total Pengunjung : 9141

Hit hari ini : 47

Hit minggu ini : 904

Semua hit : 18363

  • Jalan Imam Bonjol, Boroko, Kaidipang, North Bolaang Mongondow Regency, North Sulawesi
  • 0821-9578-8896
  • ppid@bolmut.go.id