Berita Terbaru Bolaang Mongondow Utara

Pemkab Bolmong Utara ikuti Capacity Building persiapan Championship TP2DD

Dibaca : 38

Jumat, 05 April 2024 | Editor : Rudi Datunsolang | Publisher : Fauziah Suratinoyo | Author : BPKPD Mirna Jonu

...

Kegiatan Capacity Building Championship TP2DD Wilayah Sulawesi Utara Tahun 2024 (Four Points Manado, 2 s.d 4 April 2024)

Bagikan :

ppid.bolmutkab.go.id —–» Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Bolaang Mongondow Utara (Bolmong Utara) mengikuti kegiatan Capacity Building Championship TP2DD Tahun 2024.

Kegiatan yang diprakarsai  oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Utara ini dilaksanakan selama tiga hari sejak 2 April sampai dengan 4 April 2024 di Manado dan dibuka langsung oleh Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Utara, Bapak Andry Prasmuko. 

TP2DD sendiri merupakan forum koordinasi antar instansi dan stakeholder terkait dalam rangka mendorong inovasi, serta percepatan dan perluasan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah (ETP) guna mewujudkan efisiensi, efektivitas dan transformasi tata kelola keuangan daerah.

Sementara itu, Championship TP2DD merupakan sebuah ajang yang memperlombakan kinerja dari setiap pemda di Indonesia untuk mengembangkan ekosistem digital di daerahnya, sekaligus mengadministrasikan dan mendokumentasikan seluruh kegiatannya.

Untuk kemudian di input dalam aplikasi Sistem Informasi Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (SIP2DD) yang menjadi media penilaian oleh Tim Satgas P2DD yang terdiri dari Bank Indonesia, Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri dan Lembaga terkait.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, diharapkan mampu untuk mengkoordinasikan dan memaksimalkan pengisian data dan dokumen dalam SIP2DD oleh masing-masing daerah agar dapat bersaing dengan seluruh daerah yang menjadi peserta championship TP2DD 2024.Sama seperti tahun tahun sebelumnya, Championship tahun 2024 ini memperlombakan beberapa kategori superti kategori TP2DD terbaik tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota, kategori Bank RKUD terbaik, serta kategori Program Unggulan terbaik dari penilaian atas kinerja TP2DD tahun 2023, yang penilaiannya akan mulai dinilai pada 26 April 2024 mendatang.

Hasil Championship sebagaimana rapor yang disampaikan oleh Satgas P2DD Pusat mencatat bahwa Pemerintah Kabupaten Bolmong Utara berhasil memperbaiki peringkat tingkat Kabupaten/Kota secara nasional, dari sebelumnya  berada pada peringkat ke-50 pada tahun 2021, kini berada di peringkat ke-26 untuk tahun 2022. 

Jika diperkecil lagi ke tingkat Provinsi Sulawesi Utara, maka posisi tiga teratas diisi oleh: (1) Kabupaten Minahasa Utara dengan 72,21 poin, (2) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan 61,79 poin, dan (3) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dengan 59,30 poin.

Sebagai evaluasi, jika diperhatikan dari rapor Pemerintah Kabupaten Bolmong Utara yang disampaikan oleh Tim Satgas P2DD, masih terdapat beberapa aspek yang perlu dikerjakan dan dikejar utamanya aspek Proses dan aspek Output, aspek-aspek tersebut dinilai masih berpeluang untuk ditingkatkan.

Bagi Pemkab Bolmong Utara sendiri, percepatan penerapan ETP diharapkan mampu mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Sumber Badan Pengelola Keuangan dan Pendapataan Daerah (BPKPD) Bolmong Utara

Release : BPKPD Bolmong Utara

Tim Redaksi Kominfo Bolmong Utara :

Editor : Rudi Datunsolang

Analis Konten : Imam Wahyudi

Redaktur : Fauziah Suratinoyo

Redaktur Pelaksana : Usman Djarumia

hari ini : 52

minggu ini: 1202

Total Pengunjung : 9962

Hit hari ini : 29

Hit minggu ini : 1445

Semua hit : 20138

  • Jalan Imam Bonjol, Boroko, Kaidipang, North Bolaang Mongondow Regency, North Sulawesi
  • 0821-9578-8896
  • ppid@bolmut.go.id