X
*

Berita Terbaru Bolaang Mongondow Utara

Apel Gelar Pasukan, Polres Bolmut persiapkan pengamanan Pilkada Serentak 2024

Dibaca : 37

Senin, 26 Agustus 2024 | Editor : Rudi Datunsolang | Publisher : Fauziah Suratinoyo | Author : Rusdianto Djukiro

...

Polres Bolmut laksanakan Apel Gelar Pasukan, di Halaman Polres Bolmut, Senin 26/8/2024. (Foto Tim Kominfo Mohamad Hamzah Haz Lantong/redaksi foto Tim Kominfo Bolmut)

Bagikan :

ppid.bolmutkab.go.id —–» Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan dilaksanakan dengan resmi, dipimpin langsung oleh Kapolres Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) AKBP Juleigtin Siahaan S.IK, M.IK, berlangsung di halaman kantor Polres Bolmut, Senin (26/8/2024).

Apel ini dalam rangka pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah secara serentak tahun 2024 di wilayah Kepolisian Daerah Sulawesi Utara yang akan berlangsung pada Rabu, 27 November 2024 mendatang.

Dalam Amanat Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) yang dibacakan oleh Kapolres Bolmut, pada Apel Gelar Pasukan Mantap Praja Samrat 2024, berharap pilkada tahun 2024 akan dapat terselenggara secara Aman, Lancar dan Damai.

Menurutnya, tujuan dari pelaksanaan apel untuk mengecek kesiapan pasukan sebelum menjalankan tugas pengamanan pesta demokrasi pilkada serentak tahun 2024, terkhusus untuk wilayah Sulawesi Utara.

Tidak hanya itu, dia juga menyampaikan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) ini dapat menjadi penanda utama demokrasi. Kata dia, masyarakat diajak untuk ikut serta menentukan pemimpinnya pada periode mendatang.

Bahkan, dia mengingatkan, Pilkada tahun ini memiliki tingkat kerawanan dengan karakteristik yang khas. Dikarenakan akan memilih Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota serta Bupati dan Wakil Bupati.

"Kondisi ini akan menuntut adanya upaya maksimal dari masing-masing partai politik dalam hal ini para calon kepala daerah dalam berkompetisi secara ketat untuk maraih suara sebanyak-banyaknya," ujarnya.

Lebih jauh, dia menjelaskan, dengan meningkatnya intensitas kegiatan politik, dapat menimbulkan potensi kerawanan di bidang keamanan, diantaranya, pemanfaatan politik identitas, penyebaran isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa, serta penyebaran Hoaks.

Untuk itu, menurutnya perlu dilakukan upaya mitigasi pengamanan pilkada serentak tahun 2024 dengan melakukan, penguatan koordinasi antar lembaga, pemantauan dan evaluasi yang terus menerus, pendidikan politik dan sosialisasi, penegakan hukum yang tegas, promosi dialog dan mediasi, penguatan kapasitas daerah, penyuluhan tentang informasi yang akurat, keterlibatan masyarakat sipil, deteksi dini, serta pengawasan elektoral yang ketat. (Kominfosandi-Bolmong Utara)

 

Jurnalis : Winowi

Editor : Rudi Datunsolang

Analis Konten : Imam Wahyudi

Redaktur : - Fauziah Suratinoyo

                  - Putri Kasandra Tanaijo

Redaktur Pelaksana : Usman Djarumia

hari ini : 210

minggu ini: 1434

Total Pengunjung : 8158

Hit hari ini : 82

Hit minggu ini : 612

Semua hit : 3760

  • Jalan Imam Bonjol, Boroko, Kaidipang, North Bolaang Mongondow Regency, North Sulawesi
  • 0821-9578-8896
  • ppid@bolmut.go.id